Ambeien : Sebab, Gejala, Pencegahan dan Pengobatannya

Apa itu Ambeien ?
Penyakit ambeien (ambeyen) atau dalam istilah kedokteran lebih dikenal dengan sebutan wasir atau hemorroid merupakan penyakit yang bisa terjadi pada bagian anus. Penyakit ini terjadi jika pembuluh darah venus (veins) membesar dan bengkak disekitar area dekat anus (rektum dan anus).

Jenis – Jenis Ambeien
Secara umum, penyakit ambeien ini terbagi menjadi dua bagian, yakni ambeien luar dan ambeien dalam. Ambeien luar adalah ambeien yang terjadi di bawah kulit, tepatnya diluar pembukaan dubur. Ambeien luar umumnya akan mengakibatkan rasa gatal – gatal dan sakit di dekat anus, terutama pada saat Buang Air Besar (BAB). Ambeien jenis ini agak lembut saat disentuh atau dipegang dengan menggunakan tangan. Umumnya berwarna ungu dan terkadang berwarna kemerah – merahan serta memiliki bentuk bulat. Sedangkan ambeien dalam adalah ambeien yang terjadi di bagian dalam rektum. Seringkali wasir dari jenis ini tidak sakit. Penderita wasir jenis ini hanya akan menyadari adanya masalah yang sedang menimpanya jika ada darah yang keluar dari dubur seperti saat Buang Air Besar (BAB).

Cara mengatasi Wasir atau Ambeien
Cara mengatasi Wasir atau Ambeien

Beberapa penderita akan mengalami wasir dan luka (anal fissures) sementara dan setengahnya hanya menderita akibat dari anal fissures tersebut. Pendarahan akan terjadi pada saat kita mengejan ataupun memberi tekanan saat buang air besar dan menyebabkan rasa sangat sakit ketika akan keluar. Itu semua karena ambeien ini merupakan pembengkakan sel – sel pada lapisan saluran dubur tersebut, dan disaat sudah membengkak, tinja akan mengalami gesekan dengan ambeien ini kemudian menghasilkan rasa yang sangat sakit dan perih.

Faktor – Faktor Penyebab Ambeien Muncul
Banyak faktor yang menyebabkan kita dapat mengalami penyakit ini, selain karena faktor penyakit seperti diare yang kronis serta kurangnya konsumsi makanan kaya serat, faktor lain yang menjadi penyebab utama ambeien ini diantaranya adalah :

  • Tekanan (pressure), dimana saluran darah venus di bagian rektum dan anus sangat sensitif terhadap tekanan seperti tekanan di dalam perut yang mengakibatkan pertambahan tekanan di bagian dubur.
  • Duduk atau berdiri dalam jangka waktu yang terlalu lama, karena dapat menyebabkan saluran venus membengkak atau menonjol.
  • Sembelit, dimana tinja yang kering dan besar membutuhkan tekanan yang kuat untuk membuangnya. Hal ini mengakibatkan terjadinya peningkatan tekanan pada saluran venus di bagian dubur.
  • Kegemukan, yang bisa memberikan tekanan lebih pada saluran venus.
  • Kehamilan, terjadi jika adanya tekanan yang meningkat disebabkan karena rahim yang membesar.

Gejala dan Tanda Ambeien
Ambeien memiliki tanda – tanda yang sangat bervariatif. Terkadang ada yang mudah sekali terlihat atau dirasakan, namun ada juga gejala yang sangat minim sehingga sulit untuk terdeteksi. Saat ambeien sudah parah baru bisa di deteksi dengan jelas. Secara umum ciri – ciri ambeien yang sangat sering muncul adalah :

  • Rasa panas di sekitar anus terutama sesudah buang air besar.
  • Rasa sakit yang berdenyut – denyut dan rasa gatal pada anus.
  • Terjadi pendarahan disaat buang air besar, kadang terasa sakit kadang tidak.
  • Darah menetes dan tersembur keluar dari saluran dubur.
  • Sukar untuk buang air besar dan rasa tidak nyaman di bagian dubur pada saat berdiri lama.
  • Kesakitan di bagian dubur mengakibatkan penderita akan mengalami perubahan didalam pola buang air besar.
  • Selama perdarahan ini, penderita dapat mengalami kekurangan darah.
  • Ada yang tidak mengalami perdarahan, namun biasanya terjadi pembengkakan di dubur.

Cara Pencegahan Ambeien
Cara terbaik untuk mencegah wasir ialah dengan menjaga kotoran tetap lembut, serendah mungkin meneran diwaktu membuang air besar dan tidak menahan buang air besar. Selain itu menjaga pola makan sehat dan berserat serta berolahraga juga membantu kita agar terhindar dari penyakit wasir ini.

Cara Mengobati Ambeien
Tidak ada pengobatan wasir di dunia ini yang menjamin wasir itu tidak akan berulang kembali bila pasien tidak merubah pola gizi dan kebiasaan dalam buang air besar. Memastikan tidak ada konstipasi dan tidak tegang merupakan kunci untuk terhindar dari penyakit ini. Jika sudah terlanjur mengalami wasir, yang perlu kita lakukan adalah mengidentifikasi penyebabnya, kemudian jauhkan diri kita dari faktor – faktor yang menjadi penyebab penyakit tersebut.

Bila anda sudah bertekad untuk mengobati dan menghilangkan faktor – faktor pemicu munculnya ambeien, maka anda dapat mengobatinya. Tujuan pengobatan ambeien sendiri ada dua yakni untuk menghentikan gejala ambeien yang muncul seperti sakit, gatal, pedih dan lain – lain serta untuk mengecilkan wasir tersebut. Untuk menghilangkan gangguan dan rasa sakit anda dapat membeli dan menggunakan obat ambeien dan supositoria. Sedangkan untuk mengecilkan wasir ke ukuran asliya, anda perlu menempuh jala pengobatan yang lain seperti mencuci seluruh bagian rektum dengan air hangat setiap kali anda membuang air besar dan gunakan suplemen makan berserat tinggi untuk melembutkan kotoran. Hal ini dilakukan untuk menghindari kegiatan mengejan saat anda buang air besar. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai obat ambeien atau wasir yang mujarab lainnya dapat berkunjung ke situs unyols.com. Disana anda akan menemukan berbagai macam informasi seputar obat herbal ambeien dan harga obat ambeien di apotik.